Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan kemampuan teoritis dan praktis dalam metodologi penelitian dengan perhatian pada penelitian bidang pendidikan Islam. Kemampuan teoritis ditunjukkan dengan penguasaan secara konseptual terhadap konsep-konsep dasar metodologi penelitian, sementara kemampuan praktis ditunjukkan dengan keterampilan dalam mengaplikasikan konsep, teori dan teknik penelitian.
Penelitian sebagai penerapan pendekatan ilmiah dalam pengkajian suatu masalah dapat dilakukan terhadap berbagai disiplin ilmu termasuk di dalamnya disiplin pendidikan Islam. Prospek perkembangan disiplin pendidikan Islam ke depan membutuhkan riset (research) oleh pakar serta pemerhati disiplin ini. Hanya dengan kesungguhan orang-orang mengabdikan diri untuk bidang ini ilmu pendidikan ke depan akan dapat lebih berkembang.
Proses pembelajaran diupayakan lebih bersifat informative-dialogis, antara dosen dengan mahasiswa dan mahasiswa dengan mahasiswa saling memberikan informasi berdasarkan bahan bacaan yang sudah ditunjuk atau sumber-sumber lain yang relevan disertai contoh-contoh aktual. Karena itu kepada mahasiswa dianjurkan untuk memanfaatkan sumber-sumber belajar lain di luar yang ditunjuk